SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2016)

Penerapan Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Sumarni Sumarni (Unknown)
Bana G. Kartasasmita (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan Self-regulated Learning (SRL) siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan SRL adalah Learning Cycle 5E (LC 5E). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan SRL sebagai akibat dari pembelajaran LC 5E.  Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menerapkan dua model pembelajaran yaitu LC 5E dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas VIII D dan VIII E. Untuk kepentingan analisis masing-masing kelas penelitian dikategorikan menurut kemampuan awal matematis (KAM; tinggi, sedang, rendah). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan skala SRL. Analisis data ditinjau berdasarkan data keseluruhan dan kategori KAM. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran LC 5E lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran LC 5E dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan kategori KAM (tinggi, sedang, rendah).Abstract. The research was grounded by the results of previous research which showed that mathematical communication ability and Self-regulated Learning (SRL) students are not as expected. One of models learning for enhancing  mathematical communication ability is Learning cycle 5E (LC 5E). The purpose of this research is to comprehensively describe the enhancement of students’ mathematical communication ability as a result of LC 5E. This research is a quasi-experiment study that applies two learning models: LC 5E and conventional learning. Population of this research is all student in one of SMP Negeri in Kabupaten Bandung Barat. Sampling used by purposive sampling, VIII D and VIII E represent as sampling. Each class is grouped based on mathematical prior ability (MPA: upper, middle, lower levels). Research instruments are mathematical communication test. The result obtained are: 1) the enhancement of students’ mathematical communication ability who were taught under LC 5E is better than those who were taught under conventional learning; 2) there is different enhancement mathematical communication ability who were taught under LC 5E and who were taught conventional learning based on MPA (upper, middle, lower levels).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...