SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2012)

MENERAPKAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Indra Siregar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2012

Abstract

Abstrak: Penelitian ini diawali dari masalah rendahnya peringkat Indonesia di PISA. Penelitian ini ingin menjawab pertanyaan penelitian “Apakah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities dapat lebih meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMP dibandingkan dengan pembelajaran matematika konvensional (ekspositori)”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cipanas kelas VIII. Disain penelitian ini adalah disain eksperimen berbentuk disain kelompok sebanyak 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Model-eliciting Activities. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Dalam pelaksanaannya, tes kemampuan berpikir kreatif diberikan dalam bentuk pretes dan pos tes. Data yang diperoleh dari instrumen dihitung N-Gainnya dan dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitiannya adalah Penerapan pendekatan model-eliciting activity dalam pembelajaran matematika dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dari pada pembelajaran konvensional. Abstract: This study starts from the problem of low rank of Indonesia students in the PISA. This study wanted to answer the research question, "Can the learning of mathematics using the Model-eliciting Activities approach improve the creative mathematical thinking skills of SMP students?”. The research was carried out in SMP Negeri 1 Cipanas at VIII class. This study is an experimental design using 2 groups: experimental and control group. The experimental group obtain the learning mathematics using the Model-eliciting Activities approach. The instrument used in this study is the skill test of creative mathematical thinking. In practice, creative thinking skills tests administered in the form of the pre- and post-test. N-Gain obtained from data calculation were analyzed using two different test-average. The results of the implementation of model-eliciting activity in mathematics teaching approach can improve the students’ mathematical skills of creative thinking in junior high school.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...