Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Ermitasari . (Unknown)
Kuswari Hernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan konteksual pada materi garis dan sudut, 2) mengetahui kualitas media dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media. Penelitian ini menghasilkan produk berupa CD pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP. Langkah pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan  Evaluation). Subyek uji coba penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII dan 4 guru matematika di SMP N 1 Minggir. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) media pembelajaran dengan lima tahap pengembangan media, (2) kualitas media pembelajaran interaktif mencapai kualitas “Baik”, dan (3) respon siswa terhadap media “Baik” dengan skor rata- rata 4,7 dan respon guru “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,5.   Kata kunci : media pembelajaran, interaktif, kontekstual

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...