Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pedagogi Matematika

Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbantuan google classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi bangun datar SMP

Benedicta Sekar Pangesti (Unknown)
Endang Listyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi Bangun Datar SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,54 dari skor maksimum 5. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,49 dari skor maksimum 5. Dari segi kepraktisan, perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 90,80%, skor rata-rata angket respon guru 4,29 dari skor maksimum 5 dan skor rata-rata angket respon peserta didik 4,03 dari skor maksimum 5. Dari segi keefektifan perangkat pembelajaran dinilai efektif dengan skor rata-rata angket motivasi belajar 3,79 dari skor maksimum 5 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka perangkat pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom berorientasi pada motivasi dan hasil belajar materi Bangun Datar SMP memiliki kualitas valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika khususnya materi Bangun Datar.Kata Kunci: perangkat pembelajaran, blended learning, google classroom, motivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...