Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 2

Patricia Sacita Hanindya Agni Megananda (Unknown)
Eddy Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku petunjuk praktikum kimiauntuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 serta mengetahui kualitas buku petunjukpraktikum kimia untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 yang dikembangkanberdasarkan penilaian 5 guru kimia SMK dan 20 siswa SMK program studi agribisnis produksi tanaman. Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop,dan Disseminate). Dalam penelitian ini tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan, sehingga terdapat tigatahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Buku Petunjuk Praktikum Kimia yangdikembangkan memiliki karakteristik (1) berupa media cetak yang dicetak full colour; (2) buku petunjukpraktikum kimia ini berbasis inkuiri terbimbing; (3) buku petunjuk praktikum ini terdiri dari bagian cover,bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh skor rata-rata144,80 dan persentase keidealan 93,42% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata dari hasilpenilaian siswa adalah 69,10 dan persentase keidealan 86,375% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Olehkarena itu, buku petunjuk petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikumdalam pembelajarn kimia bagi siswa.Kata kunci: buku petunjuk praktikum kimia, penelitian pengembangan, inkuiri terbimbing

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...