Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep serta membandingkan efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep dan model pembelajaran saintifik jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Sewon dengan sample penelitian adalah kelas VII A dan kelas VII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII; (2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, strategi peta konsep, kemampuan pemecahan masalah
Copyrights © 2017