Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem-Solving dan pendekatan saintifik pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group. Populasi penelitian ini siswa kelas VII salah satu SMP di Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian kelas VII D (eksperimen) dan kelas VII E (kontrol). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kepercayaan diri siswa yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem-Solving pada materi segiempat dan segitiga efektif sedangkan pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa.Kata Kunci: creative problem solving, saintifik, kemampuan berpikir kreatif matematis, kepercayaan diri siswa, segiempat dan segitiga
Copyrights © 2023