Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENURUT INDIKATOR FACIONE PADA PEMBELAJARAN KIMIA DARING DAN LURING

Karina Wahyu Ayu Novitasari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Nurfina Aznam (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA salah satu SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul pada pembelajaran kimia secara daring dan luring pada materi laju reaksi ditinjau dari indikator keterampilan berpikir kritis menurut Facione. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Sampel penelitian sebanyak 69 orang siswa dengan 34 orang siswa daring dan 35 orang siswa luring. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal keterampilan berpikir kritis dan angket pengalaman belajar kimia siswa secara daring dan luring. Analisis data dilakukan secara deskriptif, persentase, dan uji sampel t independen. Hasil angket pengalaman belajar siswa menunjukkan terdapat perbedaan proses pembelajaran kimia secara daring dan luring. Perbedaan terletak pada cara guru menjelaskan materi dan ada tidaknya diskusi. Hasil analisis jawaban soal keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia secara daring maupun luring menunjukkan keterampilan analisis berada pada kategori tinggi, keterampilan interpretasi, eksplanasi, pengambilan kesimpulan, dan evaluasi pada kategori cukup, sedangkan keterampilan pengaturan diri pada kategori rendah sekali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...