Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik dan kelayakan e-book berdasarkan penilaian validator, serta menentukan kualitas berdasarkan penilaian guru serta uji keterbacaan terhadap e-book pengayaan kimia kosmetik. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D. Kedapatgunaan dan keterbacaan buku pengayaan elektronik kimia kosmetik yang dikembangkan dilakukan oleh 5 reviewer yang terdiri dari guru kecantikan dasar di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang meninjau empat komponen, yaitu materi dan bahasa, penggunaan, penyajian, dan kegrafikaan. Sedangkan responden siswa sebanyak 30 anak dengan kriteria prestasi tinggi, sedang dan rendah yang meninjau tiga komponen, yaitu komponen bahasa dan penggunaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kualitas e-book oleh guru diperoleh skor rata-rata secara keseluruhan terhadap produk sebesar 75,8 dari skor maksimal 90, persentase keidealan 84,22% yang termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB). Sedangkan hasil uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata produk sebesar 93,31 dari skor maksimal 105, persentase keidealan 88,92% yang termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB).
Copyrights © 2023