Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

MUATAN INFORMASI KIMIA DALAM TAYANGAN TELEVISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR LITERASI INFORMASI KIMIA

Saraswati Anindyajati (Unknown)
Sukisman Purtadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil muatan konsep-konsep kimia yang terdapatdalam tayangan televisi dan potensinya untuk membelajarkan literasi informasi kimia. Sejalan dengantujuannya, penelitian dilakukan sebagai penelitian kualitatif yaitu penelitian eksploratori. Teknik analisisdata dalam penelitian dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dan selanjutnya dianalisisdeskripsi. Unit analisis penelitian adalah tayangan televisi series berjudul Breaking Bad season 1, CSIMiami season 3, dan sepuluh iklan dalam televisi. Hasil pengkodean kemudian direview oleh ahli untukmendapat masukan dan hasil pengkodean juga disesuaikan dengan teori berdasarkan masing-masingkonsep yang kemudian disesuaikan dengan kompensi dasar dalam silabus. Berdasarkan analisis,penelitian ini menyimpulkan profil muatan konsep kimia yang terdapat dalam tayangan televisi dapatdigunakan untuk membelajarkan literasi informasi kimia adalah sebanyak sepuluh konsep dan semuatayangan televisi berpotensi untuk membelajarkan literasi informasi kimia yaitu digunakan sebagaiapersepsi, inti pembelajaran, evaluasi, dan pengayaan.Kata kunci: literasi kimia, pembelajaran kimia dengan tayangan televisi, penelitian eksploratori, potensitayangan televisi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...