Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY AND SCIENCE ISSUES PADA KETERCAPAIAN 3 RANAH HASIL BELAJAR SISWA SMP

Tri Handayani (Unknown)
Insih Wilujeng (Unknown)
widodo Setiyo Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA berbasis scientific inquiry andscience issues pada ketercapaian masing-masing: (1) ranah kognitif; (2) ranah afektif; dan (3) ranah psikomotor;serta (4) ketiga ranah tersebut. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttestnonequivalent control grup design. Populasi penelitian sejumlah 160 siswa kelas VIII SMP N 2 Tempel. TeknikPengambilan sampel yaitu cluster random sampling diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan 28siswa dan VIII A sebagai kelas kontrol dengan 29 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen: (1) lembarketerlaksanaan pembelajaran scientific inquiry and science issues; (2) soal pretest-posttest (kognitif); (3) lembarobservasi sikap ilmiah (afektif); dan (4) lembar observasi practical skills (psikomotor).  Pengaruh pembelajaranIPA berbasis scientific inquiry and science issues terhadap hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan ujiManova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap: (1) ranah kognitif sebesar 6,1 % dengan nilai signifikansi 0,036; (2) ranah afektif sebesar34,0 % dengan nilai signifikansi 0,000; dan (3) ranah psikomotor sebesar 15,0 % dengan nilai signifikansi 0,002; serta (4) ketiga ranah tersebut sebesar 55,1% dengan nilai signifikansi 0,000.  Kata kunci: scientific inquiry and science issues, kognitif, afektif, psikomotor.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...