Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learningditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPpada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttestcontrol group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kretek tahun 2016/2017.Sampel penelitian dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII D sebagaikelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran matematika dengan: 1) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuanberpikir kritis siswa, 2) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan kemampuankomunikasi matematis siswa, 3) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritissiswa, 4) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata kunci: Problem Based Learning¸berpikir kritis, komunikasi matematis
Copyrights © 2017