Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Mifta Tyas Laksita Sari (Unknown)
Endang Listyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learningditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPpada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttestcontrol group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kretek tahun 2016/2017.Sampel penelitian dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII D sebagaikelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran matematika dengan: 1) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuanberpikir kritis siswa, 2) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan kemampuankomunikasi matematis siswa, 3) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritissiswa, 4) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata kunci: Problem Based Learning¸berpikir kritis, komunikasi matematis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...