Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2023): JULI

Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare

Lukman (Universitas Negeri Makassar)
Musfirah (Universitas Negeri Makassar)
Mutiara Salshaila (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi di kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 1 guru dan 25 orang siswa kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran siklus I dan II pada aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B). Sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dan siklus II kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi di kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...