cover
Contact Name
Nur Ilmi
Contact Email
nurilmi@unm.ac.id
Phone
+6285340003539
Journal Mail Official
nurilmi@unm.ac.id
Editorial Address
Kampus V Parepare UNM: Jln. Jendral Sudirman, No.56 Kota Parepare Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
ISSN : 28303164     EISSN : -     DOI : 10.26858
Core Subject : Education,
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ini diterbitkan pada setiap bulan Maret, July dan November setiap tahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Hasil Belajar tentang Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SDN 163 Tellulimpoe Kabupaten Wajo Yulia; Rasmi Djabba; Adinda Syalsabila
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang pemanfaatan kekayaan alam pada siswa kelas IV SDN 163 Tellulimpoe Kabupaten Wajo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa, 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus III hasil penelitian proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang pemanfaatan kekayaan alam di kelas IV SDN 163 Tellulimpoe Kabupaten Wajo.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Natriani Syam; Abdul Hakim; Muhammad Harmansyah
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji penerapan media pembelajaran Articulate Storyline terhadap hasil belajar tentang materi volume kubus dan balok di kelas V UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa di kelas V UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 orang siswa dan seorang guru kelas di UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Penelitian ini fokus pada pengaruh penggunaan media Articulate Storyline terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Aiticulate Storyline pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Articulate Storyline terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SDN 151 Kadeppe Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang.
Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare Lukman; Musfirah; Mutiara Salshaila
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi di kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 1 guru dan 25 orang siswa kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran siklus I dan II pada aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B). Sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dan siklus II kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi di kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare.
Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru Abdul Halik; Muhammad Asrul Sultan; Husnul Khatimah Asri
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, and Test (PQRST). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 176 Barru tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan, serta seorang guru. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar membaca pemahaman. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kualifikasi C, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi C dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kualifikasi B, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi B dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 80. Simpulan pada penelitian ini bahwa proses dan hasil belajar siswa tentang membaca pemahaman di kelas V SD Negeri 176 Barru dengan menerapkan model pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, and Test mengalami peningkatan.
Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap Lukman; Nurul Hidayah Ilyas; Wawan Krismanto
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran realistic mathematics education. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas IV berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setelah diterapkan model pembelajaran realistic mathematics education (RME), proses belajar meningkat dari kualifikasi cukup (C) di siklus I dan II, meningkat menjadi baik (B) di siklus III. Setelah diterapkan RME nampak terjadi perubahan proses pembelajaran yaitu perubahan aktivitas pada siswa. Perubahan tersebut terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, dan interaksi yang terjalin dengan baik. Adanya perubahan proses pembelajaran tersebut mendorong pada peningkatan hasil belajar siswa, dari kualifikasi kurang pada siklus I, cukup siklus II, menjadi baik di siklus III. Kesimpulan adalah penerapan model pembelajaran realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap.
Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Slow Learner Kelas IV SD Negeri Amsila Delsri O. Sonbai; Yakobus Adi Saingo; Hendrik A. E. Lao
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media flash card dalam pembelajaran di kelas IV dan apa pengaruh penerapan media flash card dalam pembelajaran bagi siswa slow learner untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri Amsila. Penelitian ini, akan menggunakan Desain “One Group Pretest-Posttest Design” untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa slow learner kelas IV SD Negeri Amsila Kecamatan Fatruleu Kabupaten Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri Amsila yang berjumlah 55 peserta didik.” Penelitian ini mengambil sampel peserta didik seluruh kelas IV sebagai kelas eksperimen sekaligus kelas control berjumlah 11 siswa. Data hasil penilitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada tema cita-citaku yang berupa posttest bentuk yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis adalah menunujukkan bahwa data yang diperoleh adalah nilai signifikansinya adalah 0.000 atau < 0.05 yang artinya £ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum memberikan perlakuan dan sesudah memberikan perlakuan pada siswa. Hal tersebut berarti hasil uji hipotesis pada penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa slow learner kelas IV atau H1 diterima.
Analisis Media Pembelajaran Berupa Media Cetak Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Arifah Diana Putri; Yufi Latmini Lasari
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila pendidik menggunakan media untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Media yang digunakan guru itu sebaiknya bersifat ekonomis dan dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penggunaan media ini berperan sangat penting dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Minat belajar ini guna untuk meningkatkan hasil penilaian belajar seperti yang diharapkan guru, siswa dan juga orang tua nantinya. Jika siswa itu tidak atau kurang berminat terhadap pembelajaran itu maka pencapaian nilai pun tidak akan bagus nantinya. Untuk itu sebaiknya guru menggunakan berbagai media yang ada dan dapat mendukung pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan media cetak. Pengunaan media cetak terutama dalam pembelajaran IPS dapat berupa gambar-gambar, peta, globe, buku, majalah, Koran, dan lainnya. Karena pembelajaran IPS merupaka kajian ilmu yang bersifat nyata dan juga membutuhkan gambaran yang nyata dalam pross pembelajaran, seperti lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Untuk itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari tau pemanfaatan media cetak terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD N 07 Sungayang.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS di Kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare Natriani Syam; Hasnah; Herni
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki, jadi semua subjek penelitian berjumlah 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Berdasarkan pengamatan terhadap guru pada siklus I dan siklus II taraf keberhasilan yang didapat yaitu kategori baik (B). Begitu juga dengan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I dan II sudah berjalan dengan baik sehingga diperoleh kategori baik (B). Peningkatan hasil belajar ditunjukkan pada siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar yang berada pada kualifikasi cukup (C), dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare.
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru Ila Israwaty; Hasnah; Asdar Asdar
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang Muatan IPA di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa dan seorang guru kelas di UPTD SD Negeri 111 Baru. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori cukup (C), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 30,76% dari nilai rata-rata 69,23. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 84,61% dari nilai rata-rata 85,38. Kesimpulannya yaitu peneitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Bahasa Indonesia di Kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare Abd Halik; Usman; Muh Al Ikhwan Husain
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2023): JULI
Publisher : Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan bahasa Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indoneisa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare, untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan proses belajar pada muatan Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare yang berjumlah 22 siswa terdiri 12 laki-laki dan 10 perempuan. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa materi non fiksi dan fiksi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C), sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada muatan Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare.

Page 1 of 3 | Total Record : 23