Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2023): JULI

Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru

Abdul Halik (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Asrul Sultan (Universitas Negeri Makassar)
Husnul Khatimah Asri (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, and Test (PQRST). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 176 Barru tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan, serta seorang guru. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar membaca pemahaman. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kualifikasi C, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi C dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kualifikasi B, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi B dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 80. Simpulan pada penelitian ini bahwa proses dan hasil belajar siswa tentang membaca pemahaman di kelas V SD Negeri 176 Barru dengan menerapkan model pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, and Test mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...