Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2023): JULI

Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap

Lukman (Unknown)
Nurul Hidayah Ilyas (Universtas Negeri Makassar)
Wawan Krismanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran realistic mathematics education. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas IV berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setelah diterapkan model pembelajaran realistic mathematics education (RME), proses belajar meningkat dari kualifikasi cukup (C) di siklus I dan II, meningkat menjadi baik (B) di siklus III. Setelah diterapkan RME nampak terjadi perubahan proses pembelajaran yaitu perubahan aktivitas pada siswa. Perubahan tersebut terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, dan interaksi yang terjalin dengan baik. Adanya perubahan proses pembelajaran tersebut mendorong pada peningkatan hasil belajar siswa, dari kualifikasi kurang pada siklus I, cukup siklus II, menjadi baik di siklus III. Kesimpulan adalah penerapan model pembelajaran realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...