Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2023): JULI

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru

Ila Israwaty (Universitas Negeri Makassar)
Hasnah (Universitas Negeri Makassar)
Asdar Asdar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Studi ini mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang Muatan IPA di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa dan seorang guru kelas di UPTD SD Negeri 111 Baru. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori cukup (C), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 30,76% dari nilai rata-rata 69,23. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 84,61% dari nilai rata-rata 85,38. Kesimpulannya yaitu peneitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang muatan IPA di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...