Penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan manufaktur yang berfokus pada bidang tekstil khususnyabahan baku pembuat label tenun. Dalam perhitungan kinerja perusahaan saat ini, yang diperhatikan secara garis besar yaitu aspek finansial, sehingga aspek lainnya belum diperhatikan. Persaingan ketat pada pangsa pasar saat ini tentu akan membuat kondisi perusahaan mengalami penurunan. Maka dari itu diperlukan adanya pengukuran kinerja serta perencanaan strategi. Perhitungan kinerja ini menggunakan metode Balanced Scorecard yang kemudian didapatkan 12 Key Performance Indicator (KPI), yang kemudian dilakukan perhitungan bobot dengan Objective Matrix dan Traffic Light System. Didapatkan hasil pembobotan Balanced Scorecard berturut-turut yaitu: Perspektif Keuangan 0,428, Perspektif Pelanggan 0,332, Perspektif Proses Bisnis Internal 0,119, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan 0,121. Hasil Penilaian dengan Objective Matrix dan Traffic Light System diperoleh hasil 5 indikator sudah baik, 2 indikator kinerja belum maksimal, dan 5 indikator kinerja perlu untuk diperbaiki. Kemudian dilanjutkan untuk perencanaan strategi menggunakan metode Hoshin Kanri dengan X-Matrix.
Copyrights © 2023