Franconesia Journal of French Teaching, Linguistics, Literature, and Culture
Vol 2 No 1 (2023): Franconesia: Journal of French Teaching, Linguistics, Literature and Culture

Tingkat kesesuaian latihan bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com dengan capaian pembelajaran bahasa Prancis tingkat A2 di SMA

Ismi Nur Dwi Cahyani (Unknown)
Sri Harini Ekowati (Universitas Negeri Jakarta)
Ratna (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian latihan Bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com dengan capaian belajar Bahasa Prancis tingkat A2 di SMA. Dalam upaya memaksimalkan tujuan kurikulum merdeka belajar, situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com merupakan salah satu sumber belajar alternatif yang menyediakan latihan Bahasa Prancis untuk mendukung siswa dalam belajar Bahasa Prancis secara mandiri dan bebas. Namun, pemanfaatan situs belajar sebagai sumber belajar seyogyanya harus sesuai dengan capaian pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan menggunakan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data yang digunakan adalah latihan bahasa Prancis dalam situs apprendre.tv5monde.com. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode checklist. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sebanyak 34 latihan yang sesuai dengan capaian pembelajaran Bahasa Prancis SMA tingkat A2 berdasarkan CECR dari total 41 latihan. Hasil perhitungan tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan perhitungan presentase dengan hasil persentase sebesar 82.92%. Maka sesuai kriteria persentase kesesuaian oleh Arikunto (2006), latihan Bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com sesuai dengan capaian pembelajaran SMA tingkat A2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

franconesia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Franconesia: The aim of this journal is to promote a principles-based approach to research on French language and literature by encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. The journal welcomes contributions in the following areas of analysis: Didactics of ...