Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 3 (2023)

Analisis Manajemen Supervisi Akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi

Lenny Wunoy Elisabeth Awuy (Universitas Negeri Manado)
Tinneke E.M. Sumual (Universitas Negeri Manado)
Nikolas Fajar Wuryaningrat (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, evaluasi supervisi akademik dan untuk mengetahui tindak lanjut supervisi akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk menganalisis manajemen supervisi, peneliti memilih informan penelitian yang akan memberikan berbagai informasi yang diperlukan selama proses penelitian. Informan penelitian ini dipilih berdasarkan teknik snowball sampling. Dalam hal ini, yang menjadi informan adalah pengawas Kabupaten Minahasa Utara (OR), Kepala Sekolah (SD), Wakil Kepala Sekolah (AL), Guru matapelajaran IPA (SR), Guru matapelajaran PPKN (RH), dan peserta didik (GK), dan (FI) d SMP Negeri 2 Airmadidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat berjalan dengan baik apabila ada perencanaan dan persiapan yang baik dari pengawas yang akan melaksanakan supervisi maupun oleh guru yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi akademik bertujuan untuk melihat kompetensi dan kinerja guru yang dilakukan lewat penilaian dalam proses pembelajaran maupun penilaian perangkat atau administrasi yang dibuat oleh guru. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa masih ada beberapa kendala yang ada dalam pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi, antara lain masih ada guru yang belum bisa mempersiapkan administrasi atau perangkat pembelajaran secara lengkap karena perubahan-perubahan kurikulum. Disamping itu, ada juga kendala yang ditemukan yakni pada saat pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, dimana ada beberapa guru yang karena keterbatasan waktu maka tidak sempat mengajar didalam kelas, tetapi pengawas memberikan penilaian berdasarkan perangkat atau administrasi pembelajaran yang dibuat oleh guru. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah adalah supervisi yang dilakukan baik secara terencana maupun supervisi mendadak, yang bertujuan agar semua guru selalu siap untuk melakukan tugas mengajar dan selalu menyiapkan perangkat atau administrasi pembelajaran. Jadi sewaktu-waktu pimpinan sekolah akan mengadakan supervisi terhadap guru-guru. Evaluasi supervisi akademik dilakukan adalah berdasarkan instrument penilaian yang disiapkan dan ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran maka pengawas memberikan penilaian dengan cara mengisi instrument tersebut. Dari hasil penilaian yang diberikan, guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari potensi yang dimilikinya, dimana lewat evaluasi ini guru dapat lebih meningkatkan kompetensi dan kinerjanya. Tindak lanjut yang dilakukan, yaitu berupa pembinaan terhadap guru berdasarkan hasil penilaian dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, pengawas juga dapat memberikan motivasi kepada guru untuk mengikuti diklat, seminar, workshop, maupun kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Kata Kunci : Manajemen Supervisi Akademik, Evaluasi Supervisi Akademik, SMP Negeri 2 Airmadidi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...