Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika
Vol 5 No 4 (2023): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika

Strategi Keuangan Keluarga pada Saat Krisis Berdasarkan Ajaran Arthashastra

Widyastutik (Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)
I Dewa Gede Bagus Biantara (Mahasiswa Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)
Dwiki Cacala Gumelar Adhimandala (Mahasiswa Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)
Trian Maulana (Mahasiswa Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)
Dewi Sukmawati (Mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)
Citra Shabira (Mahasiswa Program Studi Sarjana Ekonomi Sumberdaya Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Berbagai krisis, termasuk krisis keuangan global, pandemi COVID-19, dan konflik Rusia-Ukraina, telah berdampak signifikan terhadap ekonomi baik di tingkat nasional maupun lokal, termasuk di Bali. Untuk itu diperlukan upaya antisipasi untuk menghadapi krisis yang mungkin terjadi dimasa mendatang salah satunya melalui pendekatan budaya dan sosio-kultural melalui ajaran Arthasastra yang berisikan ajaran mengenai manajemen keuangan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator ekonomi yang sesuai dengan konsep Arthasastra dalam konteks Desa Adat, menganalisis hubungan dan dampak nilai-nilai konsep ekonomi Arthasastra pada perilaku ekonomi masyarakat Desa Adat, serta merumuskan strategi penerapan Arthasastra sebagai alat pemulihan ekonomi masyarakat Bali setelah krisis. Metode penelitian melibatkan expert judgment, SEM PLS, Uji beda, dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator yang diuji memiliki validitas yang tinggi, dengan perbedaan penerapan prinsip Arthasastra terutama pada aspek Nitya (Pengeluaran Kebutuhan) dan Labha (Manajemen Penerimaan Sebelumnya) di dua desa yang berbeda. Temuan juga menegaskan bahwa penerapan prinsip-prinsip Arthasastra dapat berkontribusi signifikan terhadap ketahanan ekonomi masyarakat Bali pasca krisis, dengan penekanan pada peran keluarga dalam meningkatkan adaptabilitas dan upaya produktif untuk meningkatkan pendapatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agro-maritim

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika (PB PKBT) is a publication media that contains articles covering the results of policy research, policy analysis and opinions related to policy recommendations that are currently developing both nationally and internationally. PB PKBT (ISSN 2828 ...