Jurnal Penelitian Samudra
Vol. 1 No. 3 (2023): Artikel Penelitian

PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK TERHADAP BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PADAPESERTA DIDIK SEMESTER I PRODI NAUTIKA AKADEMI MARITIM BELAWAN (AMB MEDAN)

Ika Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Pada dasarnya belajar adalah merupakan kebutuhan setiap insan. Kegiatan belajar dapat dilakukan di lembaga pendidikan formal dan non formal. Lembaga pendidikan memegang peranan penting terutama dalam meningkatkan pola pikir manusia sehingga dapat mandiri, cerdas dan terampil. Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, dan terampil sehat jasmani dan rohani. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar kelompok terhadap hasil menjelaskan bangun datar dan bangun ruang pada taruna semester I Akademi Maritim Belawan (AMB Medan). Berdasarkan analisis data dapat ditarik beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini, yaitu :Ketuntasan hasil belajar peserta didik Semester I Prodi Nautika Akademi Maritim Belawan (AMB Medan) secara klasikal meningkat yaitu 64,5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Secara keseluruhan peserta didik memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran metode belajar kelompok dengan nilai rata-rata respon peserta didik adalah 81,25 atau berada dalam kategori respon yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

samudra

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science Other

Description

Samudra adalah Jurnal kajian Multidisiplin (Journal of Multidisciplinary Studies). Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk menyediakan sarana komunikasi dan publikasi ilmiah bagi peneliti, mahasiswa dan dosen, yang mempunyai komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan ...