Jambura Elementary Education Journal
Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021

ANALISIS BENTUK PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU DONGENG ANAK TERPOPULER SEPANJANG MASA

Rahidatul Laila Agustina (STKIP PGRI BANJARMASIN)
Johan Arifin (STKIP PGRI Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Latarbelakangdaripenelitian ini adalahmengkaji tentang analisisbentuknilai pendidikan karakter pada buku Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Masa Karya Ungu Lianza. Penelitianinibertujuan untukmenguraikan bentuk nilai pendidikan karakter yang terkandung pada bukuAnak Terpopuler Sepanjang Masa,Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau dokumen (contentofdocumentanalysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita dongeng buku Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Masa karya Ungu Lianza yang diterbitkan oleh Visi Mandiri, Banyuanyar Surakarta pada tahun 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan teknik pustaka, baca, dan catat. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwadari8 dongeng yang dianalisisdalamdalam buku “Dongeng Terpopuler Sepanjang Masa” karya Ungu Lianza ditemukan bahwa bentuk nilai pendidikan karakter yang ditemukan berjumlah 6, yaitu (1) Rasa Ingin Tahu, (2) Bersahabat/Komunikasi, (3) Cinta Damai, (4) Peduli Sosial, (5) Kerja Keras, (6) Toleransi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...