Jurnal Pendidikan Tari
Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education

Motivasi Belajar Praktik Tari Tradisional dalam Jaringan

Miftahus Sangadah (Unknown)
Elindra Yetti (Universitas Negeri Jakarta)
Nursilah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Miftahus Sangadah. 2021. Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Mata Kuliah Praktik Tari Tradisional.Skripsi, Pendidikan Tari. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisis uji Kolmogorov-Smirnov dari nilai residual 116 mahasiswa 0.767 lebih besar dari α = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian yang digunakan berdistribusi normal. Uji korelasi antar lima indikator, menunjukan saling memiliki keterkaitan dengan nilai signifikansi 0.000. Indikator dengan nilai korelasi tertinggi yaitu indikator minat dan ketajaman perhatian dalam belajar dengan indikator mandiri dalam belajar sebesar 0.615**. Indikator dengan nilai korelasi terendah yaitu indikator ulet dalam menghadapi kesulitan dengan indikator berprestasi dalam belajar 0.256**. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta merupakan pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pengaruh motivasi belajar dalam pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah praktik tari tradisional di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta pada kategori sedang dengan persentase 40.52%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance ...