Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 5, No 4 (2021)

KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Sri Muna (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Ahyana Ahyana (Bagian Ke ilmuan Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Universitas SyiahKuala Banda Aceh)
Anda kamal (Bagian Ke ilmuan Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Universitas SyiahKuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Nyeri Punggung Bawah (LBP) adalah perasaan tidak nyaman atau perasaan nyeri otot pada area tulang belakangyang disebabkan oleh aktivitas fisik yang kurang baik. Mahasiswa dengan aktivitas perkuliahan online mengharuskan setiap individunya untuk duduk dalam waktu yang lama dan posisi yang tidak menentu, posisi duduk yang lama dengan postur yang tidak nyaman dapat menyebabkan terjadinya gangguan musculoskeletal, keluhan paling sering ditemukan akibat durasi duduk yang lama dan posisi duduk yang tidak ergonomi adalah Nyeri Punggung Bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran keluhan nyeri punggung bawah selama proses pembelajaran daring pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 203 mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner Durasi Posisi Duduk (KDPD) yang telah valid dan reliabel dengan nilai cronbach`s Alpha 0,729 serta kuesioner Nordic Body Map (NBM) untuk melihat nyeri punggung bawah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa durasi dan posisi duduk selama proses pembelajaran daring mempengaruhi keluhan nyeri punggung bawah pada mahasiswa. Disimpulkan bahwa posisi duduk tidak ergonomi dapat menyebabkan kejadian nyeri punggung bawah. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...