Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 2, No 3

REINFORCEMENT YANG DIBERIKAN ORANGTUA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH

Ragil Tri Julianda (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala)
Fithria Fithria (Bagian Keilmuan Keperawatan Keluarga Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2017

Abstract

Anak usia sekolah mengalami perubahan progresif, terutama dalam proses belajar. Hal ini harus diperhatikan oleh orangtua. Orangtua pihak yang dapat membantu anak pada periode ini, diantaranya dengan menerapkan reinforcement. Kurangnya pemberian penghargaan berdampak buruk untuk hasil prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain penelitian cross sectional study. Responden sebanyak 91 Ibu yang memiliki anak usia sekolah dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik angket dalam bentuk skala likert dan rating scale. Hasil penelitian menunjukkan reinforcement berada pada kategori tinggi yakni 71 responden (78,0%) dan prestasi belajar berada pada kategori baik 51 anak (56,0%). Dari hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square diperoleh nilai p-value =(0,033) α (0,05), sehingga ada hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Disarankan kepada orangtua untuk dapat menerapkan reinforcement sehingga anak akan merasa diperhatikan dan dihargai yang tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...