Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 1, No 4 (2022): Karya Ilmiah Mahasiswa (KIA)

PENERAPAN TERAPI DZIKIR PADA RESIDEN DENGAN KOPING TIDAK EFEKTIF : SUATU STUDI KASUS

Wika Utari (Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Syarifah Rauzatul Jannah (Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Rudi Alfiandi (Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Koping tidak efektif pada pengguna NAPZA adalah suatu kondisi dimana individu tidak mampu untuk mengatasi keinginan untuk penggunaan NAPZA sehingga residen kembali mengalami kekambuhan (relaps). Strategi koping merupakan suatu cara atau upaya yang dapat digunakan pengguna NAPZA untuk mengatasi koping tidak efektif, salah satu strategi koping yang dapat digunakan adalah terapi dzikir. Studi kasus ini bertujuan untuk melakukan asuhan keperawatan secara menyeluruh dengan penerapan terapi dzikir di ruang Instalasi Rehabilitasi NAPZA Rumah sakit Jiwa Aceh. Metode yang digunakan adalah dengan melaksanakan asuhan keperawatan selama 5 hari pada residen dengan koping tidak efektif. Hasil pada studi kasus ini adalah residen mampu melakukan kembali cara afirmasi atau perilaku positif, mampu mempraktikan kembali terapi dzikir yang sudah diajarkan dan residen merasa terapi dzikir membuat residen merasa lebh tenang, nyaman dan pikirannya menjadi teralihkan. Kesimpulannya setelah diberikan intervensi dan terapi dzikir, residen dapat mengubah perilakunya dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Diharapkan kepada Instalasi Rehabilitasi NAPZA dapat meningkatkan terapi dzikir ke dalam program yang sudah dilaksanakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...