Seiring perkembangan teknologi modern yang semakin canggih mengakibatkan penggunaan gadget semakin meningkat diberbagai kalangan usia khususnya anak usia prasekolah yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan sosial-emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan sosial-emosional anak yang menggunakan gadget pada usia pra-sekolah di TK Banda Aceh. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional study dengan jumlah populasi 139 anak. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 58 anak yang menggunakan gadget. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Ages Stages Questionnaires : Social-Emotional (ASQ:SE-2) dengan nilai validitas 0,89 dan nilai reliabilitas 0,83. Pada penelitian ini menggunakan analisis data univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan sosial-emosional responden berada pada kategori normal 58.6% (34 responden), monitor 27.6% (16 responden) dan perlu rujukan ahli 13.8% (8 responden). Diharapkan kepada orang tua dan sekolah untuk dapat memantau perkembangan sosial-emosional anak dan mengontrol penggunaan gadget dari aspek durasi dan aktivitas penggunaan serta bekerjasama dengan pihak tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi kesehatan terkait tumbuh kembang anak khususnya perkembangan sosial-emosional pada anak usia prasekolah.
Copyrights © 2021