Interprofessional Education (IPE) merupakan metode pembelajaran yang terjadi antara dua atau lebih mahasiswa dari jurusan profesi kesehatan yang berbeda. IPE merupakan pembelajaran yang sangat penting terutama bagi mahasiswa Keperawatan dan Kedokteran upaya persiapan dalam praktik kolaborasi kedepannya. Pengetahuan mengenai IPE harus terlebih dahulu diketahui mahasiswa sebelum mengikuti pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa memiliki pengetahuan lebih baik dan lebih siap mengikuti pembelajaran dikarenakan sudah mengenal IPE dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa Keperawatan dan Kedokteran Tentang Interprofessional Education di Universitas Syiah Kuala. Desain penelitian deskriptif dan teknik pengambilan sampel secara porpotionated stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 244 responden yang terdiri dari 111 responden dari Fakultas Keperawatan dan 133 responden dari Fakultas Kedokteran. Alat pengumpulan data berupa kuesioner tingkat pengetahuan IPE. Metode analisa menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan tentang Interprofessional Education mahasiswa Keperawatan sebagian besar berada pada kategori baik sebanyak 92 (82,9%) dan mahasiswa Kedokteran sebagian besar berada pada kategori baik sebanyak 110 (82,7%). Kesimpulan dari penelitian adalah mahasiswa Keperawatan dan Kedokteran mempunyai pengetahuan yang baik terhadap IPE. Direkomendasikan kepada Program Studi Sarjana Keperawatan dan Kedokteran untuk siap menjalankan serta mengembangkan IPE sebagai kurikulum kedepannya untuk menunjang pendidikan pada tahap akademik
Copyrights © 2022