Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 8 No. 2 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Siswapada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi

Fatria Dewi (Universitas Jambi)
Afrida Afrida (Universitas Jambi)
Mayang Sari (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing serta pengaruhnya terhadap kreativitas siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi-Eksperimen dengan desainone group posttest desaign. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan modeloleh guru dan siswa serta kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product momentyang selanjutnya dilihat signifikasi pengaruhnya dengan uji t. Hubungan keterlaksanaan model problem posing tipe post solution dan kreativitas siswa diperoleh rxy= 0,667 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji t sebesar 5,66, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...