Penelitian ini bertujuan ntuk melihat pengaruh keterlaksanaan modelpembelajaran SSCS terhadap Keterampilan Proses Sains dilakukan uji signifikansi dengan uji t.Keterlakasanaan model SSCS oleh guru memiliki persentase sebesar 79,49% dikategorikan baik, persentase model oleh siswa sebesar 73,77% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan Keterampilan Proses Sains sebesar 60,56% dikategorikan cukup baik. Hubungan keterlaksanaan model SSCS dengan kemampuan Keterampilan Proses Sains diperoleh rxy=0,756dengan tingkat hubungan kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (6,65>2,021) dengan dk=33 dan α=0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanan model pembelajaran SSCS berjalan dengan baik serta terdapat pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains pada materi Bentuk Molekulkelas X MIA 1 SMAN 11 Kota Jambi.
Copyrights © 2017