Jurnal Al-Ilmi
Vol 1 No 1 (2020): Volume 01 Nomor 01 September 2020

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN LABUAJA

Nurliana Nurliana (Unknown)
Muhammad Syukri (IAI Muhammadiyah Sinjai)
Madelle Agil (IAI Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan implementasi model supervisiklinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru Agama.Penelitian ini mengambil lokasi di MI Ar-Rahman Labuaja, Kabupaten Bone. Jenis penelitiankualitatif, dengan pendekatan fenomenologis dan deskreptif naturalistik, teknik pengumpulan datamelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data dengan teknik Miles danHuberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan implementasi supervisi klinis sudah cukup baik, terbuktitindakan riil yang dilakukan pengawas secara sistematis dan terprogram, sudah melaksanakan sikluspendahuluan, observasi dan siklus balikan dengan baik; 2) hambatan yang dihadapi antara lain jumlahpengawas tidak seimbang dengan jumlah guru dan sekolah, asumsi guru, letak geografis, saranaprasarana, waktu, biaya, dan kebijakan pemerintah. Upaya tindak lanjut yang dilakukan pengawasdengan membangun pola hubungan kolega, menciptakan sistim kolaborasi dengan kepala sekolah danguru, memperbaiki asumsi guru, penyusunan jadwal secara sistimatis, memanfaatkan sarana prasaranadengan baik (3) implementasi supervisi klinis benar-benar dapat meningkatkan kompetensi pedagogikGuru Agama terlihat dari beberapa fakta perubahan pada guru semakin kreatif menyusun perencanaandan pelaksanaan serta laporan mengajar berbasis ICT. Hasil pengujian hipotesis tersebutmembenarkan bahwa ada pengaruh Implementasi Supervisi Klinis terhadap Kompetensi PedagogikGuru Agama pada tabel 4.11 uji hipotesis dengan Coefficientsa, dapat dinilai 0,000 < 0,05, inimenandakan bahwa H1 diterima dan Hâ‚’ ditolak artinya koefisien pengaruh

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Al-Ilmi adalah Jurnal Program Pascasarjana Prodi PAI yang dikelolah oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan yang memuat penelitian tentang Pendidikan Agama ...