Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin
Vol 2 No 01 (2023): Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin

Pandangan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Membaca dan Menulis Lanjut

Eka Rahmawati (Unknown)
Aprilia Ruby Wikarti (Unknown)
Ayu Trihardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Pada abad XXI mahasiswa sebagai agent of change dituntut memiliki beberapa keterampilan, salah satunya keterampilan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) meliputi berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking and problem solving), komunikasi (communication), kolaborasi (collaboration), serta berpikir kreatif (creativity), yang disebut keterampilan 4C. Untuk menjawab tantangan tersebut perlu penerapan metode pembelajaran yang dapat melibatkan mahasiswa dengan kehidupan nyata, salah satunya adalah metode pembelajaran berbasis proyek. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PSPBM FBS UNJ) telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek sejak tahun akademik 2019/2020. Namun belum pernah ada penelitian bersifat evaluatif mengenai metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Membaca dan Menulis Lanjut untuk meningkatkan keterampilan 4C. Lingkup pandangan dalam penelitian ini diteliti menggunakan teori Priyanto, Brown, Widodo dan Wardani mengenai keterampilan 4C serta teori Daryanto, Jupriadi dan Silitonga mengenai pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Responden penelitian ini adalah pemelajar yang telah mengikuti mata kuliah Membaca dan Menulis Lanjut I-II tahun akademik 2020/2021 serta 2021/2022 di PSPBM FBS UNJ berjumlah 41 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa setuju pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Membaca dan Menulis Lanjut I-II dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan 4C.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fenghuang

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Articles published in Fenghuang based on research in the field of: Chinese studies (Chinese language/linguistics, teaching Chinese for the speakers of other language, Chinese culture, ...