Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan adalah penjabaran visi dan misi. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatatif dengan menggunakan pendekatan studi pustaka dengan mengumpulkan berbagai referensi dari berbagai literatur seperti buku, artikel jurnal dan berbagai artikel ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukannya kemampuan mengajar seorang guru dengan melihat atau memperhatikan rumusan tujuan pembelajaran yang meliputi 4 komponen tujuan pembelajaran, yaitu Audience, Behavior, Condition dan Degree. Guru perlu menentukan kriteria untuk mengetahui apakah seorang siswa berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini berbentuk penjelasan mengenai kemampuan apa yang perlu ditunjukkan siswa sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2023