Swarnadwipa
Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 November 2023

Game Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas

Ahmad Rifki Irliando (Universitas Teknokrat Indonesia)
Yuri Rahmanto (Universitas Teknokrat Indonesia)
Ade Dwi Putra (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sebuah game augmented reality (AR) yang bertujuan untuk membantu siswa SD Negeri 2 Gunung Terang dalam memahami rambu-rambu lalu lintas. Game AR dirancang sebagai alat pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengenali dan memahami rambu-rambu lalu lintas secara menyenangkan dan efektif. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis kebutuhan pendidikan di SD Negeri 2 Gunung Terang, pengembangan game AR, dan evaluasi hasil penggunaan game tersebut oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game AR berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang rambu-rambu lalu lintas dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Selain itu, game ini juga dianggap menyenangkan oleh siswa, yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini menyediakan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan di sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi AR sebagai alat pembelajaran inovatif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak yang tertarik dalam mengintegrasikan teknologi AR dalam pembelajaran rambu-rambu lalu lintas atau bidang pendidikan lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mediaswarnadwipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Swarnadwipa is a peer-review journal focusing on Information System and Data Science. Jurnal Media Swarnadwipa invites academics and researchers who do original research in Information System and Data Science. Swarnadwipa are published by CV. Keranjang Teknologi Media in November, March and July ...