LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Logic : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Penerapan Pemilihan Supplier Rak Toko Pada PT. Indomarco Wilayah Jabodetabek Dengan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Tecnique (SMART)

Alfian Andrianto (Universitas Pamulang)
Farida Nurlaila (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangatlah cepat, terutama dalam bidang teknologi informasi. Komputer adalah alat yang sangat penting dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dengan tujuan untuk mempermudah serta memaksimalkan pekerjaan manusia dengan cepat dan akurat. Namun terkadang terdapat beberapa kendala yang terjadi baik dalam proses penyelesaian. Kendala yang dihadapi user tidak menggunakan metode yang dapat menangani permasalahan prioritas dengan banyak kriteria. Selain itu, user kesulitan memilih supplier yang akan digunakan oleh PT Indomarco Prismatama. Maka dari itu salah satu cara dalam mempermudah adalah menggunakan metode yang dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang penerapan pemilihan supplier rak toko, dengan studi kasus dilakukan di PT Indomarco Prismatama. Metode perhitungan yang dilakukan menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Tecnique (SMART) dengan aplikasi berbasis web. Dengan menggunakan 5 kriteria yaitu Harga, Kualitas, Pengiriman, Packaging dan Komunikasi. Hasil  dari sistem yang dibangun sudah dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan metode SMART. sistem penunjang keputusan yang dibangun dapat membantu perusahaan dalam penetapan pemilihan supplier rak toko.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...