Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat
Volume 1 Issue 2 Februari 2024: Jurnal Sipakatau

Peningkatan Literasi Digital dan Menulis Artikel Ilmiah Guru denganĀ  Memanfaatkan Artificial Intelligence

M. Miftach Fakhri (Universitas Negeri Makassar)
Dary Mochamad Rifqie (Universitas Negeri Makassar)
Asriadi (Universitas Negeri Makassar)
Asri Ismail (Universitas Negeri Makassar)
Andika Isma (Universitas Negeri Makassar)
Della Fadhilatunisa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Tujuan pengabdian ini membahas tentang upaya peningkatan kapasitas guru dalam menulis artikel ilmiah dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Melalui pendekatan Action Research, para guru terlibat langsung dalam proses perbaikan dan pengembangan kemampuan mereka dalam literasi digital dan teknik penulisan artikel ilmiah. Tahapan pengabdian kepada masyarakat melibatkan langkah-langkah sistematis untuk mencapai tujuan peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan AI. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas publikasi ilmiah mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang AI, guru diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi ini secara efektif dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif. Kesimpulannya, pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan literasi digital dan kemampuan menulis artikel ilmiah guru, serta memberikan landasan untuk pengembangan kegiatan pengabdian di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Sipakatau

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...