@Artikulasi
Vol 4, No 1 (2024): April 2024

Implementasi Model Flipped Classroom Berbantuan Media Podcast dalam Pembelajaran Menulis Resensi

Mentari Vitalianty Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Isah Cahyani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Suci Sundusiah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi implementasi model Flipped Classroom dengan media podcast dalam pembelajaran menulis resensi selama pandemi. Dibandingkan dengan model terlangsung, hasil pretes menunjukkan kategori "Kurang" untuk kedua kelas. Setelah implementasi model Flipped Classroom dengan media podcast, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata postes 80,60, sementara kelas kontrol (model terlangsung) memiliki rata-rata postes 66,55. Analisis uji menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan menulis resensi siswa di kedua kelompok. Model ini membuktikan keefektifannya dalam memfasilitasi pembelajaran menulis resensi, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengoptimalkan waktu belajar siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPBSI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal @Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Progran Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ini terbit pertama kali pada Mei 2002 dengan nama ...