E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 15, No 1 (2024): E-DIMAS

Implementasi Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik

Maryanto Maryanto (Universitas PGRI Semarang)
Sapto Budoyo (Universitas PGRI Semarang)
Listyaning Sumardiyani (Universitas PGRI Semarang)
Muh. Isna Nurdin Wibisana (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pendidikan Indonesia mengalami banyak kemajuan, namun upayanya masih belum maksimal. Hal ini terkendala masalah-masalah, seperti kurangnya kesejahteraan tenaga pengajar, minimnya akses terhadap pendidikan, hingga rendahnya tingkat pengetahuan dan ekonomi masyarakat. Hasil pretest tentang pemahaman kode etik guru terkait profesionalitas pendidik dalam kategori baik yaitu rata-rata 83,45. Hasil pretest di atas, tim pengabdian meyakini pemahaman kode etik guru dapat ditingkatkan dengan cara penyuluhan dan sosialisasi terpadu sehingga profesionalisme pendidik dapat dijalankan dengan maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dua hari di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dengan menggunakan metode seminar. Jumlah peserta yaitu 43 responden dengan metode pretest-posttest dengan pemberian materi ditengah-tengah kegiatan. Alat ukur pretest dan posttest menggunakan instrumen kuesioner tertutup tentang pemahaman kode etik guru. Hasil tingkat pemahaman kode etik guru dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup terdapat hasil peningkatan pretest dan posttest sebesar 6% setelah diberikan penyuluhan dan penguatan kode etik guru untuk peningkatan profesionalisme pendidik. Implementasi kode etik guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses pendidikan di Indonesia. Dengan menerapkan kode etik, guru-guru dapat membangun landasan yang kokoh untuk praktik pendidikan yang beretika, menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bermartabat bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...