EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Realitas Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik Di SMA Labschool UPI Bandung & SMAN 19 Bandung

Hendra Rizal (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Rizki Rizali (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Rita Milyartini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Reni Haerani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mubiar Agustin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada realitas implementasi pembelajaran seni musik di dua sekolah menengah di Bandung, yaitu SMA Labschool UPI Bandung (sekolah swasta) dan SMAN 19 Bandung (sekolah negeri). Kedua sekolah ini mewakili model kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode utama yaitu wawancara dan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya peningkatan layanan pembelajaran yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran seni musik di kedua sekolah yang diteliti. Faktor-faktor tersebut seperti keterbatasan jumlah guru, fasilitas, sarana, prasarana, dan media pembelajaran. Kelengkapan layanan pembelajaran optimal terbukti dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran seni musik. Oleh karena itu, apapun jenis kurikulum yang diterapkan, penyediaan sumber daya dan dukungan merupakan elemen kunci dalam membentuk siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran seni musik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...