Journal of Governance and Public Administration
Vol. 1 No. 2 (2024): Maret

ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA (DI DESA GELOMBANG KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS (SAM) KABUPATEN SELUMA)

Agustri Hestiana (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu)
Faridah Faridah (Unknown)
Romdana Romdana (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Badan usaha milik desa (BUMDes) merupakan badan usaha yang diberikan oleh pemerintahan kepada desa, agar potensi yang ada di desa dapat dimanfaatkan untuk membentuk program unit usaha yang melibatkan masyarakat dalam mengelola usaha dan membantu bidang keuangan desa sehingga berdirinya badan usaha milik desa (BUMDes) dapat menunjung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang analisis kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. 2. Bagaimanakah peran serta masyarakat desa terhadap program badan usaha milik desa (BUMDes) di desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang telah membantu pendapatan masyarakat dan strategi yang digunakan oleh pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) telah mampu meningkatkan sektor ekonomi, pendapatan, dan sektor keuangan desa sebagai serta dampak pencapaian berupa output berupa keberhasilan dalam meningkatan perekonomian masyarakat desa Gelombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, menarikan kesimpulan dan verivikasi dari Milles dan Huberman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jogapa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA) is a national journal as a medium of scientific research results, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of public administration and governance, particularly focusing on the main problems in the development of the ...