cover
Contact Name
Supawanhar
Contact Email
supawahar53@gmail.com
Phone
+6281373681370
Journal Mail Official
jurnal.jogapa.ppmi@gmail.com
Editorial Address
Perum Taman Asri 1 Blok C2 RT 31 RW 06 Gandus Palembang South Sumatra 30149
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Journal of Governance and Public Administration
ISSN : -     EISSN : 30317584     DOI : https://doi.org/10.59407/jogapa.v1i2
Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA) is a national journal as a medium of scientific research results, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of public administration and governance, particularly focusing on the main problems in the development of the science of public administration and governance studies. Includes the development of Government policy, public administration, public management, the study of the autonomous region, the local government and bureaucracy, policy analysis, public service, political decentralization, fiscal, public economics and politics as well as regional planning and studies other social sciences.
Articles 14 Documents
PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI MELALUI METODE E-WARUNG DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN Faridah Faridah; Novi Rahayu; Romdana; Dian Forensa
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.326

Abstract

Program bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah salah satu program yang dikeluarkan pemerintah sebagai tindak lanjut dalam mengatasi mata rantai kemiskinan. Pada tahun 2017, yang telah diatur pada kementerian sosial No. 11 Tahun 2018 tentang program bantuan non tunai serta praturan presiden nomor 63 tahun 2017 tentang penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT). Bantuan pangan non tunai (bpnt) yang bersumber dari Anggaran Pusat atau APBN. Kemudian dikelola oleh kementrian sosial dan dilimpahkan pada tingkat kabupaten/kota yang menjadi kewenangan daerah untuk memberdayakan masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa proses pelaksanaan program bantuan pangan non tunai (BPNT) melalui metode E-Warung dalam menanggulangi kemiskinan sudah dilaksanakan dengan efektif dan sesuai dengan aturan yang dilihat dari aspek komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Berdasarkan pengamatan langsung kelokasi penelitian dan wawancara dengan para KPM ( keluarga penerima manfaat). Masih ada kendala yang dihadapi pada tahap komunikasi atau sosialisasi karena masyarakat masih perlu adanya pengawasan sehingga masih ada masyarakat yang belum megetahui tentang mekanisme pelaksanaan bantuan. Dan sarana dan prasarana didesa padang ulak tanjung yang digunakan dalam pelaksanaan program bantuan pangan non tunai (bpnt) masih sangat kurang serta jarak antar rumah KPM dan E-Warung jauh sehingga menyebabkan KPM merasa kesulitan pada saat pengambilan bantuan.
PENGUKURAN KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SLAWE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL) Askani Askani; Supawanhar Supawanhar; Anca Andika Pratama
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.327

Abstract

Pelayanan secara daring dikeluarkan agar masyrakat lebih mudah dalam pelayanan administrasi kependudukan tanpa memikirkan banyaknya biaya yang dikeluarkan dan juga lebih menghemat waktu dalam kata lain baik dan praktis. Pelayanan publik secara daring atau online ini dibuat agar masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan itu sendiri tanpa menggunakan jasa pihak ketiga atau yang disebut calo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Besar Kepuasan Masyarkat Dalam Menggunakan Aplikasi Slawe Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengukuran menggunakan Skala Likert, dengan menyebarkan daftar pertanyaan kepada Informan penelitian. Teknik Pengambilan Sampel Yang Dipergunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Secara Purposive Sampling. Sampel Yang Akan Dijadikan Informan Adalah Masyarakat Yang Telah Menggunakan Aplikasi Slawe. Sampel diambil pada waktu penelitian dengan jumlah 300 Informan. Pengumpulan data dengan cara memberikan kuisioner kepada masyarakat yang telah Menggunakan Aplikasi Slawe Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu. Nilai survei kepuasan masyarakat diukur berdasarkan 9 unsur pelayanan. Metode pengolahan data dengan menggunakan analisis Survei Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian maka ditarik kesimpulan sebagai berikut: Nilai Survei kepuasan masyarakat terhadap Pengukuran Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Aplikasi Slawe Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu adalah 87 0/0 dengan nilai rata-rata per unsur 3,48. Dengan demikian kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu dalam pelayanan Pada Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Aplikasi Slawe dikategorikan baik. Kata kunci: Survei Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Good Governance.
PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL Supawanhar Supawanhar; Marsidi Marsidi; Taranita Khumairah
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.328

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip good Governance terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan pada data-data nemerikal yang diolah dengan metode statistika dengan maksud mencari pengaruh antara variable independent dengan variable dependen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. semua data diuji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, diuji analisis regresi linear sederhana kemudian diuji analisis koefisiensi determinasi (R2 ) dan diuji hipotesis menggunakan uji statistik t. Dari pengujian hipotesis hasil uji signifikansi regresi parsial (uji t) nilai Sig. variabel X (penerapan prinsip Good Governance) adalah 0.001 < 0.05 dan nilai t hitung 26.29 > t tabel 1.966 artinya terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa penerapan prinsip good governance berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Dari uji analisis Regresi Linear sederhana terdapat pengaruh yang positif, yaitu dari analisis koefisiensi determinasi didapat nilai R Square sebesar 0,635 atau sebesar 63%, menjelaskan bahwa variabel X (penerapan prinsip good governance) berpengaruh sebesar 63% terhadap variabel Y (kualitas pelayanan publik).
PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI DISIPLIN KERJA PADA KANTOR PEMERINTAHAN KOTA PAGAR ALAM Muhammad Syafri; Marsidi Marsidi; Antonius Rino Vanchapo
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.329

Abstract

Kantor Pemerintahn Kota Pagar alam Provinsi Sumatera Sealatan adalah unsur pembantu pimpinan pemerintah Kota. Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap tingkat kedisiplinan pegawai kantor Pemerintahan Kota Pagar Alam saat ini cukup tinggi. Akan tetapi masih terlihat adanya pegawai yang masih tidak taat terhadap aturan kedisiplinan yang tentunya akan mempengaruhi kinerja pegawai tersebut. Penelitian ini mengupas tentang, Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pemerintahan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja secara Parsial terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pemerintahan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai Kantor Pemerintahan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 147 orang pegawai dan sampel yang digunakan yaitu berjumlah 60 orang pegawai. Pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner, Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian menunjukkan variable Disiplin kerja Berpengaruh Positif terhadap Kinerja Pegawai. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variable Disiplin kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PENCATATAN NIKAH PADA KANTOR URUSAN AGAMA Abid Nurhuda; Firmansyah Firmansyah; Muhammad Samsul Hairi Napis
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.330

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada pada Kantor Urusan Agama Singaran Pati. Kualitas pelayanan publik tersebut ditinjau dari indikator tangibles, responsiveness, reliability dan empathy juga factor­faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan public. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara kepada informan, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Singaran Pati temyata terdapat kelemahan-kelemahan sehingga belum optimal. Indikator tangibles, belum adanya fasiltas sarana dan prasarana yang nyaman. Indikator reliability, masih terdapat prosedur pelayanan yang tidak sesuai dengan aturan. Indikator responsiveness, daya tanggab petugas yang lambat, indikator emphaty, perhatian petugas rendah, pelayanan yang diskriminatif. Factor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik adalah minimnya ketrampilan yang belum berjalan semestinya Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Singaran Pati agar menambah anggaran, meningkatkan skills melalui pelatihan. Kata kunci : Kualitas pelayanan publik, KUA
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA O.R 44 HOTEL PAGAR DEWA KOTA BENGKULU Rudi Hartono; Amrullah Amrullah; Gindy Harsono
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 1 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i1.408

Abstract

Masalah yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu?, seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan dengan teknik menggunakan accidential sampling yaitu teknik yang sesuai dengan kriteria peneliti yaitu merupakan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi, kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data dengan melakukan uji validitas dan reabilitas, analisis deskriptif, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu. Dari hasil hitung dengan rumus Determinasi ini diperoleh besarnya tingkat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu adalah sebesar 81,6%
PENGARUH DEBAT CAPRES DALAM MEREBUT PEMILIH MENGAMBANG DALAM PEMILU 2024 Luis Fiska Rahayu; Eji Maulana; Raihan yuda panata gama; Safitri Safitri; Mohamad Izzul Haq; Lintang Suci Ramadhani
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i2.487

Abstract

Pemilih mengambang atau undecided voters adalah individu yang belum menentukan dukungan atau pilihan politiknya dalam suatu pemilihan. Mereka cenderung tidak terikat pada satu partai atau kandidat tertentu dan masih mempertimbangkan opsi-opsi yang ada. Pemilih mengambang memiliki potensi untuk memengaruhi hasil pemilihan karena mereka dapat beralih dukungan ke berbagai pilihan tergantung pada isu-isu terkini, kampanye politik, atau pertimbangan lainnya. Pemilih mengambang sering menjadi target strategi kampanye politik yang berusaha meyakinkan mereka untuk mendukung kandidat atau partai tertentu. Mereka dapat memainkan peran penting dalam pemilihan karena keputusan mereka bisa menentukan hasil akhir suatu kontestasi politik. Sementara menurut Surbakti dalam Efriza (2012:480), perilaku pemilih merujuk pada tindakan memberikan suara yang erat kaitannya dengan proses pengambilan keputusan individu.
ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA (DI DESA GELOMBANG KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS (SAM) KABUPATEN SELUMA) Agustri Hestiana; Faridah Faridah; Romdana Romdana
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i2.543

Abstract

Badan usaha milik desa (BUMDes) merupakan badan usaha yang diberikan oleh pemerintahan kepada desa, agar potensi yang ada di desa dapat dimanfaatkan untuk membentuk program unit usaha yang melibatkan masyarakat dalam mengelola usaha dan membantu bidang keuangan desa sehingga berdirinya badan usaha milik desa (BUMDes) dapat menunjung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang analisis kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. 2. Bagaimanakah peran serta masyarakat desa terhadap program badan usaha milik desa (BUMDes) di desa Gelombang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kinerja badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gelombang telah membantu pendapatan masyarakat dan strategi yang digunakan oleh pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) telah mampu meningkatkan sektor ekonomi, pendapatan, dan sektor keuangan desa sebagai serta dampak pencapaian berupa output berupa keberhasilan dalam meningkatan perekonomian masyarakat desa Gelombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, menarikan kesimpulan dan verivikasi dari Milles dan Huberman.
IMPLEMENTATION OF REGISTRATION POLICY FOR TRANSFER OF LAND RIGHTS DUE TO SALE AND PURCHASE IN POHUWATO REGENCY Lupita Ruiba; Zuchri Abdussamad; Rustam Tohopi
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i2.567

Abstract

The purpose of this study is to determine how communication, resources, disposition and bureaucratic structure in the Implementation of Land Rights Transfer Registration Policy Due to Sale and Purchase. This research was conducted at the Pohuwato Regency Land Office for 3 months from October 2023 to December 2023. This research is a descriptive research with a qualitative approach. This descriptive research is used because researchers try to photograph events that occur, researchers do not provide treatment or manipulation, but describe a condition as it is. The focus of this research is based on the policy implementation model proposed by the George C. Edward III Model. 4 (four) variables that affect policy implementation, namely communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. The results showed that the implementation of the Land Rights Transfer Registration Policy due to Sale and Purchase at the Pohuwato Regency Land Office has run optimally, this can be seen from the existence of good communication, the availability of adequate resources, the characteristics of good implementors, and the existence of bureaucratic structures that have been running according to the Standard Operating Procedures (SOP) of the Pohuwato Regency Land Office.
ARCHIVES GOVERNANCE IN SMP NEGERI 6 ONE ROOF DULUPI BOALEMO GORONTALO PROVINCE Marwan Marhaba; Juriko Abdussamad; Fenti Prihatini Tui
Journal of Governance and Public Administration Vol. 1 No. 2 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jogapa.v1i2.574

Abstract

The purpose of the study is to analyze and describe the management of school archives. Research uses a qualitative approach, because the qualitative approach utilizes direct data sources in a natural context (natural setting) to reveal various aspects of observed phenomena. The type of research applied is descriptive research that aims to conduct an in-depth analysis of the situation and conditions of a particular phenomenon. The results showed that archive management at SMP Negeri 6 Satu Atap Dulupi still has many obstacles. From the policy specs, there are still limited human resources specifically in the field of archives, lack of understanding of records management among teachers, and poorly structured organization of archives causing records management to be ineffective. Furthermore, looking at the determinants of records management, the results of the study show that financial management is not optimal, limitations of digital management, limitations of physical storage, and lack of a structured management system. Increased understanding, utilization of technology, the role of stakeholders, more focused supervision, and increased structuring in managing archives are needed to increase their efficiency and effectiveness.

Page 1 of 2 | Total Record : 14