Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 1 No. 1 (2019): Juni

OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM POSTMODREN DALAM PENDEKATAN KITAB KLASIK ALALA

Ulil Hidayah (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Pola pemikiran manusia yang berada di era postmodern banyak meningggalkan corak modernitas. Pendidikan sebagai media belajar yang mengasah pemikiran manusia juga telah sampai pada suatu corak berpikir postmo. Pendidikan Islam dalam era postmodern ini perlu melakukan evaluasi sebagai upaya mengoptimalkan tujuan dan nilai-nilai pendidikan Islam melalui kitab klasik yang masih relevan hingga era saat ini. Corak pemikiran postmodern yang memandang kebenaran adalah relative perlu dikuatkan ulang melalui pemikiran tokoh ulama klasik yang merumuskan bahwa dalam proses pendidikan dan pembelajarn   itu akan berjalan sempurna dengan syarat: (1)memiliki kecerdasan (2)rajin dalam setiap hal yang berkaitan dengan belajar, (3)sabar menghadapi tantangan belajar dan tidak mengedepankan emosi negative, (4)biaya dalam belajar harus ada, (5)guru yang professional di bidangnya, (5)waktu yang relative lama dalam belajar. Analisis dari enam syarat utama yang diterapkan dalam proses belajar dalam kitab klasik Alala masih berlaku di era postmodern ini sebagai kebenaran yang mutlak untuk terus di jadikan pedoman sebagai optimlisasi pendidikan Islam yang terus berkembang di semua zaman sesuai tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Muaddib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to ...