AL JABAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Siti Nurazizah (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Ratna Damayanti (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Tuhfatul Janan (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Nuryami Nuryami (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Konsep relasi dan fungsi pada kurikulum matematika sekolah cukup esensial. Dalam evaluasi tentang pemahaman siswa dalam materi dalam materi konsep relasi dan fungsi, terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan prosedur dan kesalahan cara penyimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Tunggak Cerme. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, dengan tes diagnostik dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Miftahul Ulum Tunggak Cerme yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpula sampel digunakan untuk menetapkan 3 orang siswa yang masing-masing mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan fakta, konsep, prosedur dan cara penyimpulan.Kata kunci : Analisis, Kesalahan siswa, Relasi dan Fungsi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Jabar

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika is an open access and peer-reviewed journal of Mathematics and Mathematics Education published by the Prodi Tadris Matematika STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year (June and December) in both print and online ...