Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022)

PENGEMBANGAN WEBSITE PENDUKUNG MASTERY BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MAHASISWA

Putra Prima Arhandi (Unknown)
Sofyan Noor Arief (Unknown)
Annisa Taufika Firdausi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Dampak wabah COVID-19 sangat berpengaruh pada sektor pendidikan, salah satunya pada mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Malang. Alur pembelajaran daring yang berjalan saat ini kurang efektif, sehingga mengakibatkan pembelajaran mahasiswa menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk diterapkan pada masa pembelajaran daring saat ini, salah satunya dengan menggunakan metode Mastery Based Learning (pembelajaran tuntas), di mana metode tersebut menargetkan mahasiswa untuk memahami suatu standar kompetensi secara tuntas dengan waktu yang bisa disesuaikan masing-masing mahasiswa. Pada pengembangan website ini, pengembang merancang suatu sistem pembelajaran daring yang menerapkan metode Mastery Based Learning untuk menunjang pembelajaran mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. Dengan menerapkan metode ini, mahasiswa yang memiliki pemahaman di bawah rata-rata tetap dapat mengikuti materi. Hasil dari pengujian sistem pembelajaran daring ini mendapatkan respon positif dari para mahasiswa. Dari 22 responden, semua setuju bahwa fitur-fitur yang tersedia dapat membuat pembelajaran mereka terbantu, yang artinya website pendukung metode Mastery Based Learning yang dibuat dapat diterima oleh mahasiswa sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif untuk diterapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...