Pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah di Kota Surabaya, masih menghadapi tantangan yang belum teratasi sepenuhnya. Kendala tersebut meliputi akses informasi pelayanan kesehatan pada pengoperasian e-health oleh masyarakat. Program E-Health dihadirkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pada pelayanan kesehatan. Namun, evaluasi efektivitas program ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana harapan masyarakat telah terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode E-GovQual untuk menganalisis efektivitas penerapan E-Government melalui beberapa dimensi, yaitu efficiency, trust, reliability, dan citizen support. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap situs e-health yang disediakan oleh pemerintah Surabaya dan meningkatkan partisipasi publik untuk ikut berperan dalam evaluasi program e-health berdasarkan pengukuruan yang disediakan dengan metode e-govqual. Penilaian dilakukan terhadap pelayanan E-Health yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Health di Kota Surabaya dinilai efektif berdasarkan penggunaan metode E-GovQual. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum program E-Health yang disediakan oleh pemerintah kota Surabaya telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang ada di Kota Surabaya sesuai dengan pengukuran e-govqual. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan program serupa di wilayah lain dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
Copyrights © 2023