Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 1 (2024): FEBRUARI - MARET 2024

Analisis Penalaran Siswa Kelas V SDK Lamawalang Pada Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika

Bernadus Bin Frans Resi (Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka)
Selfiana Burahewen (Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur)
Mancelina Perada (Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa kelas V pada materi pecahan menggunakan pendekatan etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK Lamawalang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2023. Penggunaan lembar kerja,, dokumentasi, dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa sudah baik akan tetapi ada beberapa indikator yang belum terpenuhi. Hal ini ditunjukan dengan beberapa peserta didik belum memenuhi indikator penalaran matematis dalam menyelesaiakan masalah pada materi pecahan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...