Jurnal Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 6 No. 1 (2024): EDISI APRIL

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SD PADA MATERI UANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA

BERNADUS BIN FRANS RESI (Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka)
KRISTINA BETO NAMA (Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka)
YOSEPH PETRUS OLA (Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka)
WIKE ELLISSI (Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar pada materi uang dapat ditingkatkan dengan menerapkan pendekatan etnomatematika. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2023. Penggunaan lembar kerja, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran matematika Polya melibatkan memahami masalah, membuat rencana atau menyusun rencana penyelesaian, menerapkan atau melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...