Jurnal Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 6 No. 1 (2024): EDISI APRIL

ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

KINTOKO (Universitas PGRI Yogyakarta)
SARI YULIANA (Universitas PGRI Yogyakarta)
TITIS SUNANTI (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana siswa kelas VIII A SMPN 11 Yogyakarta memiliki kemampuan untuk menyelesaikan soal cerita matematika dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan materi segi empat yang terdiri dari aspek analisis, evaluasi, dan penciptaan. Penelitian kualitatif deskriptif jenis ini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes tertulis. Terdapat tiga siswa dalam kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan indikator HOTS berbeda untuk setiap kelompok siswa. Siswa di kelompok yang lebih tinggi memenuhi keenam indikator HOTS pada kedua butir soal, sedangkan siswa di kelompok yang lebih rendah memenuhi semua indikator HOTS pada butir soal nomor 1 dan memenuhi empat indikator HOTS.. Indikator yang tidak terpenuhi ialah indikator memilih metode solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah dan indikator membuat ide, solusi/keputusan dari rancangan yang dibuat sebelumnya pada butir soal nomor 2. Siswa dari kelompok rendah hanya memenuhi 2 indikator pada setiap soal yaitu indikator menganalisa informasi yang diketahui dan ditanyakan, dan indikator membuat model matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...