Media Bina Ilmiah
Vol. 18 No. 5: Desember 2023

PERSONAL BRANDING PENGAJAR SASTRA IBRANI MELALUI KANAL YOUTUBE RITA WAHYU BERDASARKAN KAJIAN PHENOMENOGRAPHY

Jessica Mary Marcelia (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Gatut Priyowidodo (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Felicia Goenawan (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Proses membentuk persepsi masyarakat terhadap diri Rita Wahyu inilah yang disebut dengan personal branding. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui bagaimana deskripsi konsepsi personal branding pengajar sastra ibrani melalui Kanal YouTube Rita Wahyu. Peneliti menggunakan metode phenomenography, serta analisis menggunakan QSR NVivo 14. Hasil dari penelitian ini dikaji menggunakan teori 8 konsep pembentuk personal branding oleh Peter Montoya, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan dan maksud baik. Dari personal branding tersebut, terdapat 2 konsep personal branding Rita Wahyu yang sesuai dengan pengikutnya yaitu Spesialisasi dan Perbedaan. Pada konsep Spesialisasi, Rita Wahyu memposisikan dirinya sebagai pengajar sastra ibrani dan menunjukkan ciri khas dengan menampilkan gaya berpakaian yang tradisional. Konsepsi tersebut sesuai dengan penafsiran para pengikutnya. Dengan ciri khas yang melekat pada diri Rita Wahyu, ia dapat lebih dikenal daripada kompetitor-kompetitor lainnya. Sedangkan pada konsep Perbedaan, konsepsi personal branding Rita Wahyu dalam penafsiran pengikut adalah pribadi Rita yang berdampak. Tujuan hidup Rita Wahyu adalah orang yang hidupnya berdampak sehingga pengikutnya juga memperoleh konsepsi yang sesuai yaitu mengubah kehidupan orang menjadi lebih berdampak. Terakhir, konsepsi personal branding Rita Wahyu sesuai dengan pengikut yaitu pribadi Rita yang tidak pelit ilmu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...